Rabu, 21 Januari 2015

Ritual Bunuh Diri / Harakiri

Diposting oleh Adindas di 06.31
Tindakan bunuh diri, dalam bahasa Jepang disebut dengan seppuku (切腹) atau harakiri (腹切り ) yang jika dilihat dari kanjinya dapat diartikan sebagai tindakan memotong atau merobek perut. Tindakan ini dahulu merupakan salah satu ritual yang dilakukan oleh para kaum bushi atau ksatria samurai. Bushi akan melakukan ritual seppuku apabila mereka tertangkap oleh musuh karena berprinsip lebih baik mati daripada harus disiksa oleh musuh, dan jika bushi tersebut melakukan pengkhianatan atau gagal dalam tugasnya, sebagai wujud dari penyesalan dan tanggung jawabnya karena telah mengecewakan kelompoknya. Ritual seppuku ini akan dilakukan di depan kelompoknya (jika berupa hukuman karena gagal bertugas) dengan sebuah pisau tradisional yang bernama tanto, setelah membuka kimono yang dikenakan, perut dirobet dari arah kiri ke kanan.

Tindakan seppuku pertama kali dilakukan oleh Minamoto no Yorimasa ketika perang Uji pada tahun 1180.Dalam perkembangannya, seppuku dilakukan oleh seseorang untuk menunjukkan rasa ketidak-setujuannya kepada keputusan penguasa (baik raja maupun pemerintah modern). Kejadian yang terkenal adalah adalah seppuku yang dilakukan oleh sastrawan terkenal Jepang, Mishima Yukio di markas besar tentara Jepang pada tahun 1970 sebagai bentuk protesnya kepada kebijakan pemerintah pada masa itu.


Pada masa modern kini, masyarakat Jepang masih banyak memilih jalan bunuh diri ini untuk menyelesaikan masalah walaupun tidak harus selalu dengan cara merobek perutnya. Karena ritual seppuku ini pada zaman dahulu dilakukan oleh para kaum bushi, maka tindakan ini dianggap sebagai salah satu tindakan ksatria dan wujud tanggung jawab seseorang pada suatu kegagalan. Selain faktor sejarah tersebut, banyaknya pejabat Jepang yang melakukan tindakan bunuh diri, membuat masyarakat Jepang masih memilih tindakan bunuh diri untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam hidup mereka. 





0 komentar:

Posting Komentar

 

All About Japan Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei